Saturday, January 27, 2007

Bisnis : jangan sekedar ngGELINDING, gunakan MARKETing (bagian 2)

BISNIS = MAKETing (4 hukum utama)

MARKETing
Sebagaimana tersebut di atas, terdapat empat hukum utama dalam bisnis dan yang menduduki urutan pertama adalah market. Apapun konsep bisnis yang akan kita terapkan perlu dipertimbangkan terlebih dahulu dari sudut pandang market, sehingga ber-empati dengan market merupakan suatu keharusan. Kita harus bisa memandang market secara kreatif, karena semakin kreatif kita, maka akan semakin terbuka kesempatan untuk menarik, mempertahankan dan mengembangkan market.

Oleh karena itu, jangan memandang market secara sama rata. Sadarilah bahwa selalu ada segmen-segmen atau bahkan ceruk-ceruk pasar yang berbeda-beda. Biasanya kita memiliki sumber daya yang terbatas. Maka dari itu kita harus bisa memilih segmen pasar atau ceruk pasar yang sesuai dengan sumber daya yang kita miliki.

Dilihat dari dimensi waktu, maka terdapat tiga jenis market, yaitu : market MASA LALU, market MASA KINI dan market MASA DEPAN. Market masa kini bisa memiliki kebutuhan, keinginan dan harapan yang berbeda dibandingkan dengan market masa lalu. Demikian pula dengan market masa depan juga bisa sama sekali berbeda dibandingkan dengan market masa kini.

Kunci kesuksesan masa lalu belum tentu atau bahkan bisa sama sekali tidak relevan untuk menghadapi pasar masa kini, apalagi untuk menghadapi pasar masa depan. Mengingat situasi dan kondisi pasar dari waktu ke waktu yang mengalami pergeseran maka melakukan identifikasi terhadap market secara periodik adalah mutlak.

MARKeting
Supaya mendapat respon dari market yang memadai, maka setiap produk atau jasa yang kita tawarkan harus memiliki MARK = TANDA / JATI DIRI / POSITIONING. Dimana ”mark” yang kita buat sebaiknya memiliki perbedaan (differentiation) dibandingkan dengan pesaing dan bernilai di mata pelanggan. Dan ”mark” yang telah ditetapkan ini harus diikuti oleh kebijakan elemen-elemen pemasaran yang konsisten (marketing mix : product-price-place-promotion). Jika ”mark” tersebut diikuti oleh kebijakan elemen-elemen pemasaran yang konsisten, maka akan membentuk MEREK / BRAND yang kuat.

mARkeTing
Sebagaimana kita ketahui bahwa kondisi pasar saat ini sangat dinamis. Untuk bisa bertahan dan berkembang dengan baik maka perusahaan harus memiliki ART = SENI supaya kita tetap bisa kreatif dan inovatif. Rumus sedeerhana yang bisa dipakai sebagai acuan supaya kita memiliki ART adalah ATM = Amati + Tiru + Modifikasi. Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka gunakan rumus lanjutan (ATM) kuadrat = Amati & Alami + Tiru & Tekuni + Modifikasi & Marketing.. Untuk memperkaya ide, jangan sekedar mengamati produk / usaha sejenis saja, tetapi amati produk / usaha lain yang tidak sejenis.

MArketiNg
Jika kita sudah memahami ”market”, merumuskan ”mark” yang bernilai, memiliki ”art”, maka giliran eksekusi khususnya selling, service, process harus melibatkan sdm (man power).
Post a Comment