Friday, April 20, 2007

Entrepreneur sebagai "JIWA"

Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan mengunjungi suatu outlet furniture yang baru saja dibuka di jalan raya mulyosari dekat komplek perumahan saya. Saat itu adalah masa launching outlet dan seperti biasanya diskonnya juga lumayan sehingga ramai pengunjung.

Saya ditemui oleh seseorang (yang pantasnya saya sebut nenek) yang dengan ramahnya memberikan penjelasan kepada saya. Di belakang, saya melihat seseorang (yang pantasnya saya sebut kakek) yang juga sibuk untuk merapikan almari yang menjadi pesanan pelanggannya. Jadilah outlet yang baru dibuka itu dijalankan oleh sepasang kakek & nenek yang memilki integritas yang laur biasa, fikir saya.

Melihat kakek & nenek ini, saya jadi teringat kisahnya colonel sanders yang begitu menyentuh hati. Bagaimana tidak di usia yang tidak boleh dibilang muda lagi, 60 tahunan, dia baru memulai bisnis yang sekarang sudah mendunia itu, KFC. Betapa luar biasanya, orang yang sudah berumur seperti itu masih memilki impian yang sangat besar. Dia tidak hanya berfikir untuk dirinya tetapi untuk kemaslahatan anak cucunya dan juga seluruh ummat manusia di masa mendatang.

Dalam suatu riwayat hadist Rasulullah saw, diceritakan ada seorang sahabat yang sudah sangat tua sekali sedang menanam suatu tanaman. Kemudian ada sahabat lain yang bertanya : “untuk apa kamu menanam sesuatu yang kamu pasti tidak akan bisa menikmatinya?”. Kemudian sahabat yang tua tadi menjawab : “tidak bolehkah aku memberikan manfaat bagi generasi yang akan datang?”
Dari hasil diskusi dengan cak fud (mentor dari sustainable entrepreneur-sekolah pengusaha) beberapa saat yang lalu, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan supaya kita memilki jiwa entrepreneur. Dimana, itu juga yang dilakukan oleh para entrepreneur yang telah sukses di zamannya. Diantaranya :

Berani Membuka Usaha
Menyukai Tantangan
Punya Daya Juang Yang Tinggi
Punya Impian (Visi Jauh Ke Depan)
Selalu Berusaha Melayani
Selalu Belajar & Yakin

Nah, kedepan saya akan coba mengulas satu persatu karakter yang harus dimiliki oleh para entrepreneur di atas.

catatan penting :


Post a Comment