Monday, September 10, 2007

Bisnis Itu Mudah & Menyenangkan

Saat kita mulai bisnis mungkin kita tidak banyak tahu tentang seluk beluk bisnis yang kita jalankan. Dan dari sinilah kita bisa belajar tentang banyak hal menyangkut aktifitas bisnis yang kita geluti.
PERTAMA
Saat pertama kali ada barang menumpuk di rumah, saya berfikir, mau diapakan barang yang sebanyak ini. Tapi Allah berkenan membukakan jalan kita satu persatu yang intinya kita harus lakukan sesuatu supaya barang ini bisa berpindah tangan.
Dari mulai menghubungi keluarga-teman dekat, ikut dalam kegiatan bazar sampai dengan iklan di media. Seiring berjalannya waktu, keluarga-teman dekat-orang yang belum kami kenal tadi memberikan respon yang positif dan akhirnya beberapa dari orang tersebut menjadi mitra kami saat ini.
KEDUA
Ketika bazar, awalnya juga mengalami kesulitan karena memang belum pernah sama sekali melakukan aktifitas yang satu ini. Tapi memang benar kata teman TDA bahwa rizqi itu tidak pernah jatuh ke tempat yang salah. Dan akhirnya kami enjoy saja melakukan aktifitas ini di bazar yang kedua. Komunikasi menjadi mudah dan yang pasti menjadi ”pedagang” itu pekerjaan mulia.
KETIGA
Trus, waktu ada order dari luar kota/luar jawa masih juga mengalami hal yang sama. Ini nanti mau dikirim pakai apa, kalau ternyata biaya kirimnya kemahalan nanti akan mengurangi margin dari para mitra kami. Lha wong kita kenalnya khan dengan expedisi tertentu yang kalau pengirimannya banyak khan mahal banget gitu.
Alhamdulillah setelah berjalannya waktu, kami menemukan banyak expedisi yang ”murah banget” dan ”aman”, dan informasi ini diantaranya berasal dari para mitra kami disamping kami hunting sendiri ke beberapa expedisi. Dari mulai jasa expedisi darat melalui armada bus, cargo melalui kapal laut sampai dengan cargo via udara, dll.
Dengan keyakinan bahwa apa yang kami kirim insyaallah akan sampai kepada para mitra kami dengan selamat, alhamdulillah memang demikian adanya meskipun ada satu/dua yang mengalami keterlambatan. Maklum kami belum mengetahui betul karakter masing-masing expedisi yang memang baru kami kenal tersebut.
KEEMPAT
Desain iklan juga demikian, awalnya bentuknya amburadul banget, wajar lha wong gak pernah berkecimpung di marketing & desain, meskipun di kantor patner kerjanya juga dengan orang marketing he..he..Sekali lagi kami patut bersyukur karena desain yang awalnya amburadul sekarang sudah mulai ketemu bentuknya. Nah rekan-rekan bisa lihat nanti di edisi september dan jangan lupa kasih saran yah...he..he...
Yah itu adalah sebagian pengalaman saya selama menjalankan bisnis sebagai pemasar utama produk busana muslim anak ANNIDA-Islamic Kids Wear.
Teriring ucapan trimakasih kepada para mitra kami yang tersebar dari ujung sumatera sampai dengan ujung timur indonesia (jayapura), semoga Allah senantiasa memberikan rizqi yang halal dan barokah serta ridho-Nya atas ikhtiar yang kita lakukan.
Dan jangan lupa Ramadhan semakin dekat, hitung harta kita dan berapa yang harus dibayarkan untuk zakat.......
Andakah mitra kami selanjutnya........
Keterangan lebih lanjut, klik :
www.galeri-annida.com
www.galeri-annida.blogspot.com
Post a Comment