Saturday, September 15, 2007

Ide Unik : SATE BARONGAN PAK UNIQ

Sehari menjelang Ramadhan kemarin saya melakukan perjalanan dari Surabaya ke Sepanjang-Sidoarjo untuk urusan pekerjaan. Di jalan wonocolo-sepanjang, saya melihat ada sesuatu yang “beda” yaitu sebuah rombong tempat jualan kaki lima lengkap dengan pajangan daging kambing utuh satu badan yang kelihatan segar & muda tetapi ada asap yang menandakan ada bakaran daging di tempat itu.
Saya tanya ke teman sebelah saya yang kebetulan rumahnya dekat dengan daerah itu, katanya “Ya Mas itu bukan penjual daging seperti yang sampeyan kira, tapi penjual sate. Setiap hari pasti rame karena bahannya dari kambing muda dan segar”. Kata saya, wah boleh dong kita coba, hitung-hitung sebagai makan siang terakhir he..he..
Ya, Pak uniq biasanya dia dipanggil memulai merintis berjualan sate karena kesukaan masak dan makan sate ini. Waktu pertama kami datang, kelihatan dari depan bahwa ruangan yang sempit itu kelihatan ramai sekali. Tetapi setelah saya masuk ternyata ada ruangan yang lumayan luas dibelakang yang menjadi tempat pelanggannya menyantap sate.
Dan kebetulan ruang itu penuh juga dan akhirnya kami diajak naik ke lantai 2 yang belum selesai secara sempurna bangunannya (masih ada tukang dan sang pemilik sate yang melakukan finishing bangunan). Waktu kami tanya, koq tambah lagi ruangannya pak, katanya untuk mempersiapkan bulan ramadhan, misalnya yang ingin menyantap buka puasa bersama keluarga atau relasinya, biar tambah lapang.
Kenapa saya bilang unik, karena.......
Nama Warung
Nama warung sate ini adalah SATE BARONGAN PAK UNIQ. Saya menjadi teringat dulu waktu kecil orang tua sering melarang saya untuk bermain ke barongan. Barongan artinya sama dengan hutan bambu yang konon menyeramkan. Tapi dasar saya anak yang pemberani barangkali he..he..seringkali malah mainnya disitu kalau main petak umpet jangan ditanya pasti sembunyi di tempat-tempat seperti itu.
Saya tidak tahu ide sebenarnya Pak Uniq menamai dengan brand seperti ini tapi kalau menurut saya inilah kejelian pertama yang dilakukan untuk merangsang pasar. Nama yang unik, membuat yang lihat jadi penasaran dan akhirnya mencobanya, setelah puas jadinya ketagihan dech...
Menu & Penyajian
Menu utamanya sebenarnya sama dengan warung sate pada umumnya yaitu sate kambing dan gulai kambing, tetapi yang membedakan adalah bahannya yang berasal dari daging kambing muda dan segar. Dan yang lebih beda lagi, disini pengunjung bisa melihat dan membuktikan keaslian dagingnya secara langsung yang dipajang secara utuh di depan. Disamping itu juga bisa memilih bagian mana yang diinginkan untuk di sate, nah lho.
Penyajian dilakukan secara semi prasmanan, dimana pengunjung bisa secara bebas mengambil nasi dan krupuk yang ada di pojok ruangan. Jadi, yang porsi makannya besar sangat dimanjakan disini he..he..
Suasana & Publikasi
Sekali lagi ketika anda melihat dari depan, tampilan warungnya seperti kaki lima biasa. Di depan ada rombong sate dan tempat pemangggangan dan pajangan kambing utuh yang digantung dan kelihatan dari jauh aroma daging muda dan segarnya. Kalau anda masuk kedalam dan juga naik ke bangunan yang lagi difinishing tadi, ada ornamen yang berasal dari bambu. Tangga putarnya saja seolah terbuat dari bambu. Jadi khas barongan banget gitu lho, sesuai dengan nama warungnya.
Saya melihat di ruang depan ada dua halaman penuh dari sebuah tabloid khas kuliner menempel didinding yang memuat profil Pak Uniq ini dengan warung satenya. Luar biasa saya fikir yang dillakukan Bapak ini.
Servis Excellence
Jangan ditanya soal pelayanan, luar biasa itu kesan yang saya tangkap. Tampilan memang kaki lima tapi pelayanan luar biasa prima. Bahkan saat kami selesai makan, sang empunya warung makan ini bilang : Trimakasih ya Bapak-Bapak dan sang kasir bertanya gimana pak sajian kami. Klop sudah nih saya fikir, jadinya membuat orang ketagihan untuk datang. Wah yang darah tinggi gak bisa datang lagi donk he..he..
Catatan Penting :
alhamdulillah ALLAH berkenan mempertemukan saya dengan bulan Ramadhan 1428 H, semoga mampu memaksimalkan ibadah didalamnya, meraih rahmat-maghfiroh-itqum minan nar dan diakhiri dengan fithrah.
sejauh ini kami sudah menjalani bisnis, dan semoga ALLAH berkenan atasnya & memberi ridho & barokah atas ikhtiar yang kami lakukan. trimakasih kepada mitra annida di seluruh indonesia atas kepercayaannya selama ini
Post a Comment