Friday, November 23, 2007

Sharing Dengan Mahasiswa

Pekan ini, ada dua kampus yang harus saya kunjungi untuk memenuhi undangan organisasi kemahasiswaan dalam rangka pelatihan mahasiswa.
Yang pertama adalah Sabtu kemarin saya bertandang ke almamater Kampus ITS, untuk memberikan sharing di acara PSI 2 (Program Studi Islam 2) yaitu pelatihan yang diperuntukkan bagi calon middle manager di JMMI (Jama’ah Masjid Manarul ‘Ilmi) ITS Surabaya.
Ada pemandangan yang berbeda ketika saya mulai memasuki area kampus ITS terutama disekitar rektorat dan perpustakaan (tempat acara PSI 2 berlangsung). Tidak biasanya hari libur, mahasiswa mau bersusah payah ke kampus, tapi siang itu terlihat kelompok-kelompok mahasiswa dengan ditemani notebook-nya masing-masing. Ya wajar saja, ITS sudah menyediakan hotspot di beberapa titik di area kampus, sehingga mahasiswa begitu keranjingan untuk datang ke kampus menikmati fasilitas internet tadi.
Kembali ke PSI 2, saya diminta menyampaikan materi dengan tema Manajemen Organisasi & Optimalisasi Peran Mahasiswa di Kampus. Bicara tema ini, erat kaitannya dengan seni bagaimana mengelola diri dan organisasi. Ilmunya sudah banyak bertebaran di muka bumi baik dari zaman bahauela sampai era modern ini, tinggal bagaimana masing-masing personal mengembangkan sesuai dengan tujuan hidupnya, background pendidikannya dll.
Yang kedua, Ahadnya saya diundang oleh salah satu organisasi kemahasiswaan di Unair Surabaya untuk memberikan sharing dalam acara Pelatihan Pasca Kampus di Gedung Mahasiswa Rumah Sakit dr. Soetomo. Acara ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2005 ke atas dan jumlahnya berkisar 50-an mahasiswa.
Berbeda dengan di ITS yang membicarakan dimensi (focus) saat ini, di Unair saya diminta bicara dalam dimensi masa depan, yaitu bagimana mahasiswa merencanakan masa depannya gitu lho.
Saya diberi kesempatan di sessi kedua dengan materi diskusi bagaimana memasuki dunia kerja & professional didalamnya. Bersama, saya dipanel dengan salah seorang pengusaha muda, namanya Soni Sulaksono, yang membahas dunia entrepreneur dan pernak-perniknya.
Dia adalah mahasiswa STIKOM yang akhirnya OD (Out Dewe) disamping juga studi di Kedokteran Hewan Unair, itupun tidak diselesaikannya gara-gara debat dengan dosen pembimbing skripsi dan Dekannnya soal judul skripsi. Dia bersikeras dengan judul skripsinya yang mengupas kedokteran hewan dari segi bisnis.
Soni, begitu saya biasa menyapanya pernah dalam kebersamaan ketika menjadi salah satu staf saya di salah satu organisasi kepemudaan tingkat jawa timur beberapa tahun yang lalu. Dan sejak saya mengenalnya saat itu dia sudah bergelut dengan dunia entrepreneur bahkan tunggangannya sudah roda empat yang didapatkan dari hasil bisnisnya.
Sebelumnya sesi pertama menghadirkan Dr. dr. Eko Budi Khundori, salah seorang dosen di fakultas kedokteran Unair dan dulu saya pernah bersama juga dengan orang hebat ini dalam organisasi sosial yang lainnya. Beliau dipanel dengan calon kandidat doktor yang juga dosen ekonomi unair, wah saya lupa namanya belum sempat kenalan he..he...Sesi pertama ini banyak membahas bagaimana menjadi akademisi dan peluang sekolah di luar negeri dan liku-likunya.
Karena saya tidak hadir di sessi pertama, maka saya tidak bisa menceritakannya, selanjutnya saya akan coba bahas lagi apa yang saya sampaikan dan cerita seru dari mahasiswa OD yang jadi pengusaha muda sukses itu.
Post a Comment