Tuesday, June 10, 2008

Majulah bersama ilmu !!

Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu berkata, “Belajarlah (carilah ilmu) sebelum kamu menjadi pemimpin.” (Riwayat Ibnu Abi Syaibah dengan sanad shahih).
Bila anda ingin maju, majulah bersama ilmu. Karena ilmu itu banyak sekali keutamannya. Sebagai seorang entrepreneur, ilmu adalah suatu yang mutlak untuk dimiliki baik menyangkut ilmu akademik lebih-lebih ilmu ”pengalaman” yang sangat berpengaruh terhadap kesuksesan yang diraih. Demikian juga orang yang berilmu, diantara manfaatnya adalah :
1-Memiliki derajat yang tinggi di atas orang-orang yang beriman. (Al Mujadilah: 11). Allah meninggalkan orang-orang yang beriman dan berilmu lebih mulia daripada orang-orang yang beriman tanpa ilmu. Apalagi terhadap orang-orang yang tak beriman dan tidak berilmu.
Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu berkata, “Orang-orang yang berilmu mempunyai derajat sebanyak tujuh ratus kali derajat di atas orang-orang mukmin. Jarak diantara dua derajat itu terbentang perjalanan selama lima ratus tahun.”
2-Allah membedakan kedudukan orang-orang yang memiliki ilmu dengan orang yang bodoh. (Az Zumar: 9). Rasulullah saw bersabda, “Kelebihan orang-orang yang berilmu atas ahli ibadah (tanpa dasar ilmu), seperti dengan kelebihanku atas orang yang paling hina di antara kalian.”
4-Semakin tinggi ilmu seseorang maka akan meningkatkan rasa takutnya (khasyah) kepada Allah dan dapat merasakan kebesaran Allah. (Fathir: 28).
5-Orang-orang yang berilmu merasa bodoh sehingga terdorong untuk terus belajar serta tawadhu’ terhadap kebenaran. (Al Hajj: 54). Ia juga mudah untuk mendapat nasehat, kritik, saran serta berlapang dada terhadap perbedaan pendapat.
6-Ilmu adalah syarat untuk menyempurnakan iman, memperkuat keyakinan, memperkaya wawasan dan komitmen keimanan. (Muhammad: 19).
7-Mendapat kemudahan jalan untuk masuk syurga. Semakin banyak ilmu yang dimiliki membuka peluang amal shalih. Rasul saw bersabda, “Barangsiapa meniti jalan untuk mencari ilmu maka Allah akan memudahkan jalan baginya ke surga.” (HR Muslim).
8-Orang yang meninggal saat mencari ilmu akan digolongkan orang yang mati syahid di jalan Allah. “Barangsiapa didatangi kematian pada saat dia sedang mencari ilmu, yang dengan ilmu itu ia hendak menghidupkan Islam, maka ia bersama para nabi satu derajat di surga.” (HR Thabrany, Ad-Darimiy, hadits hasan mursal).
9-Mengajarkan ilmu mendapatkan pahala yang sangat besar. Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa menunjuki orang lain pada kebaikan baginya pahala sebagaimana orang yang mengamalkannya.” (HR Bukhari Muslim)
“Apabila engkau tunjukkan seseorang kepada baginya Allah, maka itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (dalam riwayat lain, lebih baik daripada onta merah)” (HR Muslim).
10-Mendapat perlindungan dan penjagaan dari malaikat. Rasul saw bersabda, “Sesungguhnya para malaikat benar-benar menghamparkan sayapnya kepada orang-orang yang mencari ilmu, karena ridha terhadap apa yang dicarinya.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah).
11-Mendapat ketentraman, curahan rahmat dan penjagaan malaikat, serta dibanggakan oleh Allah di hadapan para malaikat-Nya. Rasul saw bersabda, “Dan tidaklah suatu kaum berkumpul di dalam rumah Allah, dengan membaca kitab Allah dan mempelajarinya di antara mereka, melainkan turun kepada mereka sakinah, dan mereka diliputi rahmat, serta dikelilingi malaikat. Dan Allah membanggakan mereka di hadapan para malaikat.” (HR Muslim).
Catatan Penting :
Alhamdulillah akhirnya saya bisa mengirimkan busana muslim ke Malaysia setelah beberapa kali transaksi gagal karena ”kekurangan akan ilmu” terkait dengan expedisi dan transfer dana. Trimakasih kepada EMS dan Western Union atas jasanya kepada Dienazty Fashion Center
Post a Comment