Thursday, August 21, 2008

Ruang Taqwa Itu Akan Datang : Marhaban Ya Ramadhan 1429 H

Ramadhan sebentar lagi akan menyapa kita bahkan hanya dalam hitungan hari saja. Saat-saat menjelang ramadhan adalah waktu yang sangat tepat untuk mempersiapkan segenap potensi baik dalam aspek spiritual-intelektual-fisik-finansial yang kita miliki. Dalam salah satu riwayat, disampaikan bahwa Rasulullah saw. semakin banyak melakukan aktifitas ibadah di bulan sya’ban ini diantaranya dengan menambah intensitas puasa sunnahnya.
Dalam aspek spiritual sangat jelas riwayat yang mengabarkannya kepada kita yang insyaallah sebagiannya nanti bisa dilihat dibagian bawah dari tulisan ini. Dalam aspek intelektual, kita harus mempersiapkan diri untuk lebih banyak mengkaji Al Qur’an, Al Hadist dan referensi shohih lainnya untuk membingkai amalan kita selama bulan ramadhan agar lebih bernilai ibadah dan tidak sia-sia.
Sedangkan dari aspek fisik, kita harus menjaganya dengan baik jangan sampai saat bulan ramadhan tiba kita malah berada dalam kondisi ”tidak fit’ sehingga ibadah yang pahalanya dilipatgandakan bagi setiap hamba-Nya itu, lewat begitu saja tanpa kita bisa berpartisipasi sama sekali.
Secara finansial, diantara amalan yang utama selama bulan ramadhan adalah zakat-infaq-shadaqah disamping juga umrah yang kalau kita laksanakan di bulan ini pahalanya seperti ibadah haji. Dan ibadah itu semua membutuhkan kecukupan finansial yang maksimal.
Oleh karena itu, marilah ramadhan ini kita sambut dengan penuh kebahagiaan sebagai ”ruang taqwa” yang disediakan secara khusus oleh Allah untuk hamba-Nya yang beriman. Ingat, hanya untuk hamba-Nya yang beriman.
Sebagai referensi untuk persiapan menyambut bulan ramadhan, silahkan menikmati hasil kajian tentang ramadhan yang pernah saya tulis sebelumnya dalam link berikut ini :

Catatan Penting :

Trimakasih kepada seluruh mitra Dienazty Fashion Center di seluruh Indonesia atas kerjasamanya dalam memasarkan Busana Muslim Anak Annida, Busana Muslim EmDeeEf dan Busana Muslim Attaqi. Semoga Allah meridhoi dan menganugerahkan barakah atas rzqi dan keluarga kita. Amiin

Post a Comment