Friday, August 01, 2008

Semua Pintu SURGA untuk Siapa ?

Beberapa hari yang lalu, saya di sms oleh seorang rekan (yang belum saya kenal sebetulnya....) yang intinya mengingatkan bahwa saya pernah posting di blog ini terkait dengan surga ”Ada Surga Kenapa Harus Ke neraka ?”.

Saya memang sengaja memberi judul ini sebagai isyarat kita untuk tetap hati-hati dalam menjalani hidup ini. Jangan sampai kita dengan sengaja menjemput neraka.


Kali ini, saya ketengahkan kisah dari para sahabat dalam menyikapi kehidupan dengan gaya khasnya, menjemput surga. Dan penting untuk selalu kita lakukan adalah melakukan evaluasi terhadap ”kinerja” kita dalam berhubungan dengan Allah SWT. Seperti yang dikatakan Umar Bin Khattab : ”Hisablah dirimu sebelum kamu dihisab (dihari akhir nanti)”.


Dikisahkan, pada suatu hari sesudah shalat zhuhur bersama para sahabatnya r.a, Rasulullah saw bertanya kepada mereka, “Siapa di antara kalian yang berpuasa pada hari ini ?” Abu Bakar Assiddiq menjawab, “Saya, ya Rasulullah.”


Lalu beliau saw bertanya lagi, “Siapa di antara kalian yang bersedekah kepada orang miskin pada hari ini ?”. “Saya, ya Rasulullah,” Abu Bakar r.a menjawab lagi.

“Siapa di antara kalian yang mengantarkan jenazah pada hari ini ?”
. Masih jawaban Abu Bakar, “Saya, ya Rasulullah !”

Untuk yang kesekian kalinya Rasulullah masih bertanya, “Siapa di antara kalian yang mendamaikan dua orang (yang berselisih) pada hari ini ?”. Abu Bakar menjawab lagi, “Saya, ya Rasulullah”

Maka Rasulullah saw bersabda : “Tdak seorang mukmin pun yang melakukan perangai yang baik seperti itu, melainkan ia kelak akan dipanggil dari semua pintu surga, “Ya Fulan, mari masuk…”


Abu Bakar ra bertanya, “Bagaimana kalau semuanya dikerjakan, ya Rasulullah ?”. Rasulullah saw menjawab, “Kalau semua pintu surga memanggil umatku, tentu engkaulah orang pertama yang akan memasukinya, ya Abu Bakar…!”

Catatan Penting :
Satu bulan lagi kita akan memasuki bulan ramadhan 1429 H, semoga kita dijumpakan dengannya dan dianugerahi sinar hidayah yang terus menyelimuti kita. Amiin.

Post a Comment