Saturday, September 13, 2008

Cyrcle Of Influence

Pernah dalam salah satu riwayat, Rasulullah pernah menyampaikan tentang tukang pandai besi dan penjual minyak wangi yang muatannya kurang lebih seperti ini : “Kalau kita bergaul dengan tukang pandai besi, maka kita akan terkena debunya dan baunya yang kurang sedap dan kalau kita bergaul dengan penjual minyak wangi kitapun akan terkena bau harumnya”.
Dari ilustrasi di atas kita bisa belajar betapa pentingnya “Cyrcle Of Influence” atau dalam istilah lain disebut dengan “Lingkaran Pengaruh” untuk menunjang suksesnya hidup kita. Terkadang kita tidak menyadarinya bahwa hambatan sukses kita itu karena adanya sejarah Cyrcle Of Influence yang pernah kita buat sebelumnya dan akhirnya membelenggu dalam alam bawah sadar kita.
Dengaan “Cyrcle Of Influence” ini kita mendapatkan dua manfaat sekaligus : Pertama, kita bisa menyerap aura poisitif dan potensi kebaikan yang dimiliki oleh orang lain yang berada dalam lingkaran pengaruh kita. Kedua, kita bisa memancarkan aura positif dan potensi kebaikan yang kita miliki kepada orang lain.
Pernah kawan saya bilang, “Kamu jangan mati dulu kalau belum punya empat orang kawan”. Maksudnya, pasti setiap orang itu memiliki kawan dan setidak-tidaknya jumlahnya tidak kurang empat orang, karena kalau tidak apa mungkin jenazah kita nanti jalan ke kuburan sendiri he..he..
Karena setiap kita memiliki Cyrcle Of influence, maka perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini supaya bisa berbuah sukses seperti yang kita harapkan :
1-Positive Thinking
Berfikir positif adalah modal dasar bagi terciptanya lingkaran pengaruh yang baik. Sejauh mana kita bisa memandang persoalan yang kita hadapi dari berbagai sudut pandang sehingga kita bisa menyikapinya secara bijaksana.
Seperti yang pernah dikatakan Johanes Surya dalam bukunya Mestakung : Bahwa kalau kita berfikir positif maka seluruh alam semesta ini akan tertarik kedalam diri kita dan mendukung sepenuhnya apa yang kita inginkan dan begitupun sebaliknya.
2-Networking Plus
Bergaul dengan sebanyak mungkin orang adalah sebuah keniscayaan yang mesti kita jalani jika ingin mencapai sukses. Sebagaimana yang disampaikan Tung Desem Waringin : “Orang yang mencapai kekayaan dan kebahagiaan (orang sukses) itu adalah orang-orang yang berkomitmen terus belajar dari yang terbaik dan mau melakukan yang terbaik serta mampu bersyukur”.
Hal ini diperkuat dengan pesan Rasulullah, bahwa silaturrahim itu membawa dua dampak, dipanjangkan umur kita dan ditambah rizqi kita. Jadi, perbanyaklah silaturrahim karena dengan itu kita akan menemukan kejaiban dalam hidup kita.
3-Master Mind
Cyrcle Of Influence itu juga mestinya beroirientasi pada terbentuknya “master mind” yang akan menularkan spirit sukses bagi anggotanya.
Dalam buku klasik The Law of Success, Napoleon Hill mendefinisikan suatu aliansi mastermind sebagai “dua atau lebih fikiran yang secara aktif bekerja bersama dengan keselarasan menuju ke suatu tujuan bersama yang jelas”.
“Jangan pernah meragukan bahwa sekelompok kecil warga yang mempunyai pemikiran dan berkomitmen dapat mengubah dunia. Sesungguhnya merekalah satu-satunya yang telah mengubah dunia” (Margaret Mead)
Catatan Penting :
Saya ucapkan selamat menjalankan ibadah Ramadhan 1429 H, semoga Allah meridhoi segenap amal ibadah kita dan menjadikan kita semua insane yang bertaqwa. Mari sucikan harta kita dengan menunaikan zakat infaq melalui amil LMI : Arif Prasetyo Aji, keterangan lebih lanjut seputar zakat klik : http://www.relawanziswaf.blogspot.com/

Post a Comment