Tuesday, October 21, 2014

Manfaat Pelukan Bagi Anak-Anak Kita

Diriwayatkan dari Usamah bin Zaid RA, dia berkata, "Rasulullah SAW. Menggendongku dan mendudukkanku di atas pahanya, lalu mendudukkan Hasan di pahanya yang lain. Kemudian beliau MEMELUK kami berdua, lalu bersabda, "Ya Allah, sayangilah keduanya karena aku pun menyayanginya." (H.R. Bukhari)

Sudah berapa kali anda memeluk anak-anak anda hari ini? Kalau belum maka segeralah pulang dan peluklah anak-anak kita dengan pelukan kasih sayang dan bisikkan, “Ayah sayang padamu” ditambah dengan do’a-do’a yang memberikan efek positif pada anak seperti do’a Rasulullah SAW pada cucunya, “Ya Allah, sayangilah anakku ini karena aku pun menyayanginya”. Terasa beban pekerjaan yang menggunung hilang seketika berganti dengan curahan kebahagiaan yang tiada tara.


Saya memiliki pengalaman terkait dengan pelukan dengan anak-anak ini, ketika anak saya yang masih bayi sakit panas. Kebetulan di keluarga kami sepakat untuk sebisa mungkin menghindari obat-obatan, kalaupun iya itu solusi terakhir jika memang betul-betul tidak bisa diatasi dengan terapi alami. Waktu itu anak saya yang masih bayi sakit panas dan langsung saja sering saya peluk dengan masing-masing tanpa baju, istilah kerennya “skin to skin contact”. Tentu itu bukan satu-satunya terapi dan alhamdulillah setelah skin to skin contact langsung turun panasnya. Itulah salah satu manfaat skin to skin contact.

Pada dasarnya orang tua mengetahui akan pentingnya hubungan dan kedekatan antara anak-anak dengan mereka. Banyak penelitian menunjukkan bahwa, pada dasarnya sebagian besar orang tua menyatakan bahwa menghabiskan waktu dan demi kedekatan dengan anak bisa menjadi hal yang lebih penting di banding hal lainnya. Pada intinya bahwa antara orang tua dan anak saling membutuhkan rasa cinta dan kasih sayang satu samai lainnya, dan hal itu tidak dapat dipungkiri adanya. Banyak orang tua dan anak merasakan bila rasa cinta dan kasih sayang tidak di dapat dari satu sama lainnya, maka keharmonisan keluarga serasa tidak lengkap.

Manfaat pelukan orang tua kepada anak dapat menimbulkan ikatan batin dan kasih sayang yang kuat antara anak dan orang tua. Mendapat pelukan berarti mendapat dukungan, dan bagi yang memeluknya berarti akan menimbulkan rasa percaya diri. Kehadiran hormon endomorfin yang muncul saat berpelukan dapat mengurangi ketegangan saraf dan serta tekanan darah. Bahkan penelitian di university of Itali menunjukkan data, bahwa anak yang sering mendapat pelukan dari orang tuanya akan lebih efektif sembuh dari depresi, dan akan timbul rasa percaya dirinya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan.

Bahkan pelukan saat inisiasi dini, sesaat bayi terlahir ke dunia, akan mentransfer sejenis mikroorganisme yang membuat daya tahan tubuh bayi akan semakin kuat. Dan ketika pelukan dengan rasa sayang ini di teruskan hingga masa kanak-kanak dapat menjadikan pribadi anak yang tidak gampang stress (Penelitian Journal of Epidemiology and Community Health). Jangan percaya pada mitos yang mengatakan bahwa anak yang sering mendapat pelukan akan menjadi cengeng, bahkan sebaliknya, secara psikologi, anak yang sering mendapat belaian, sentuhan dan pelukan kasih sayang dari orang tuanya akan tumbuh menjadi anak yang penyayang, pertumbuhannya sehat, akan merasa nyaman dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.

Peluklah anak anda sebelum anda berangkat kerja, toh memeluk anak tidak akan membutuhkan waktu yang begitu banyak. Peluklah yang tulus, jangan tergesa-gesa, curahkan segala rasa sayang dan cinta anda saat anda memeluk anak anda. Saat anda pulang kerja, meskipun anak sudah tertidur pulas, peluklah dia meskipun sedang tidur. Sesekali sisakan waktu untuk tidur bersamanya dan memeluknya. Meskipun berada di alam bawah sadar, pelukan orang tua saat tidur tetap dapat memperkuat bonding antara orang tua dan anak, karena saat mereka tidur, anak-anak masih berada dalam gelombang alpha, dimana masih bisa untuk menerima rangsangan dan getaran dari perasaan cinta dan kasih sayang orang tuanya.

PELUKLAH anak-anak kita dengan pelukan CINTA dan KASIH SAYANG serta ajaklah BERDO'A bersama-sama dengan lafadz yang sederhana agar sejak dini sudah belajar mengenal & berinteraksi dengan Tuhannya, Allah SWT. Masa anak-anak tidak pernah akan kembali, selagi anda masih punya waktu, lakukan pelukan kasih sayang pada anak-anak kita.

Salam Sukses & Berkah !
Facebook : Arif Prasetyo Aji | Twitter : @arifaji


Post a Comment