Monday, November 10, 2014

Rahasia Sukses Bisnis Toko Online Dari Rumah

Kalau saat ini kita menjelajah dunia internet pasti banyak menemui toko online dengan berbagai produknya. Pun sama, di internet kita bisa semakin mudah menemukan produk yang kita cari bahkan kita bisa membandingkan kualitas masing-masing produk dan tentu juga perbandingan harganya. 

Sungguh sangat menarik memang, dengan hanya satu klik di Google.com misalnya dengan mengetikkan satu kalimat produk yang kita cari, akan bermunculan toko online dengan berbagai ragamnya yang memberikan penawaran baik yang menarik maupun yang cuma asal-asalan.

Misalnya saja kita ketikkan kalimat seperti “Busana Muslim” atau “Gamis Muslimah”, maka akan banyak kita temukan ragam toko online yang menjual aneka kebutuhan busana muslim yang dimaksud. Tinggal, kita mau mencari produk yang seperti apa maka mesin pencarian akan memenuhi permintaan kita tersebut. Nah, bagi para pelaku bisnis online, ini adalah peluang yang sangat besar yang bisa dimanfaatkan untuk menaikkan omset penjualan. Bahkan ada satu toko online yang menjual aneka macam busana muslim bisa menembukukan omset miliaran rupiah, sekali lagi hanya dari penjualan online lho J. Wow dahsyat sekali khan.

Berdasarkan dari pengalaman selama menekuni toko online busana muslim dan hasil diskusi dengan para pakar diantaranya dengan Pak Nukman Lutfie dan yang lainnya, saya akan berbagi pengalaman bagaimana membangun toko online yang sukses dan tentu saja menghasilkan income yang tidak sedikit. Dan asyiknya, toko online ini bisa dikelola hanya di rumah saja bahkan tanpa stokpun bisa dilakukan.

Pertama, LOKASI, LOKASI & LOKASI

Suatu saat Pak Ciputra ditanya tentang kunci sukses di bisnis propertinya, dengan singkat beliau menjawab untuk pertama kalinya adalah Lokasi, Lokasi dan Lokasi. Begitu-pun halnya dengan menjalankan bisnis online, lokasi sangatlah penting. Cuma bedanya kalau di bisnis online, lokasi tersebut dinamakan dengan Domain.

Nama domain haruslah nama yang mudah diingat dan sebisa mungkin berupa satu kata ataupun satu frase kalimat yang pendek saja. Seperti misalnya : Google.com, Yahoo.com, Detik.com, dll adalah sebagaian contoh bagaimana menentukan domain yang menjual dan mudah diingat. Tapi boleh juga menggunakan satu frase kalimat meski agak panjang asalkan mudah diingat, misalnya saja KeluargaSehatHarmonis.com.

Untuk bisnis, pakailah domain dengan akhiran dot com (.com) yang bisa didapatkan dari situs-situs penjual domain yang banyak bertebaran di jagat dunia maya ini. Kalau mau yang gratisan juga boleh kalau memang modalnya ndak ada he..he. Seperti misalnya memakai platform Blogspot ataupun Wordpress. Emangnya butuh berapa duit untuk beli domain sampai tidak sanggup membelinya J.

Bahkan saaat ini ada yang gratisan dengan tanpa membuat website yaitu bisnis online melalui media sosial seperti di Facebook, Twitter, Instagram, dll. Bahkan saya mendengar cerita dari teman-teman pelaku bisnis online ini yang bisa menghasilkan duit milyaran hanya melalui media sosial. Nah, asyik kan? Nah, saat inipun saya mencoba salah satu kiat sukses bisnis online melalui Facebook.

Ingat, Lokasi-Lokasi-Lokasi atau Domain-Domain-Domain

Kedua, TRUST (AMANAH)

Menjalankan bisnis di dunia online adalah “Bisnis Kepercayaan” yang harus dijaga dengan baik dan amanah tentunya. Seorang pembeli tidak bisa meraba produk tetapi hanya melihat display dan keterangan detail produknya saja dari Customer Servisnya. Maka, pemilik toko online harus menampilkan produknya secara jujur dan memberikan keterangan yang cukup dan tentu saja menjawab setiap pertanyaan dengan baik. Sehingga dengan adanya kepercayaan di antara kedu belah pihak inilah bisnis online bisa berjalan dengan baik dan terpercaya

Itu terkait dengan produk, ada lagi yang harus diperhatikan yaitu soal pembayaran. Bagaimana pembeli mendapatkan kemudahan proses pembayaran dan penjual mendapatkan pembayarannya sesuai dengan harga produk yang dijual plus biaya kirimnya (kalau ada). Seperti yang saya lakukan dalam menjalankan Toko Online Busana Muslim misalnya, sebisa mungkin pembeli mendapatkan pelayanan yang sebaik-baiknya termasuk juga terkait dengan pembayaran.

Ketiga, GAYA HIDUP ONLINE

Kalau kita sudah mendeklarasikan diri untuk mengelola Toko Online, maka juga harus memiliki gaya hidup online. Yang dimaksud gaya hidup online diantaranya adalah memiliki waktu khusus minimal 2 jam setiap hari untuk online dalam rangka melayani customer. Disamping itu kalau merespon customer sebisa mungkin tidak lebih dari 24 jam dan yang lebih penting lagi adalah selalu melakukan update produk yang terdisplay di toko online kita. Sehingga ketika customer datang, menganggap bahwa toko online ini memang hidup dan terpercaya karena sering melakukan update. Apalagi kalau ada diskon atau event khusus yang selalu ditampilkan.

Kalau kita datang ke toko buku gramedia maka kita seringkali menemukan display buku yang selalu berubah-ubah setiap periode tertentu, misalnya dikelompokkan dalam beberapa kategori : Best Seller, Buku Baru, dll. Nah, di Toko Online kita pun harus demikian, bagaimana kita mengatur display produk kita supaya berganti-ganti tiap periode tertentu. Ini juga merupakan hasil pengamatan kita selama ini, dengan mengetahui barang yang sering laku dan tidak dari record penjualan toko online kita tentunya.

Keempat, PEMBAYARAN

Seperti yang sudah saya sampaikan di pont “TRUST” di atas, pembayaran merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh pemilik Toko Online. Sebisa mungkin kita memberikan alternatif pembayaran yang banyak tentunya dengan memperhatikan segmen customer kita seperti apa. Biasanya sih tiga rekening saja cukup, misalnya saja BCA, Bank Mandiri dan BRI.

Rekening yang dimiliki oleh pengelola Toko Online haruslah merepresentasikan customer yang ada dan alangkah lebih baiknya kalau ada pembayaran secara online misalnya menggunakan paypal (dengan catatan kalau memang customer kita familiar dengan sistem pembayaran tersebut). Dan kalau pembayaran sudah masuk, ya harus segera dikirim produknya ke alamat customer tersebut dan segera kabarkan bahwa barang sudah dikirim J.

Kelima, KEMASAN & DISTRIBUSI

Kemasan yang bagus juga menjadi faktor penting suksesnya toko online, seperti yang dikatakan dalam iklan AXE : “Kesan pertama begitu menggoda....”. Kemasan haruslah dibuat semenarik mungkin sesuai dengan produk yang kita jual dan aman tentunya. Kalau bahannya mudah pecah ya harus difikirkan bagaimana membuat kemasan yang bisa melindungi produk tadi.

Selanjutnya kalau perlu mintakan saran positif dari para customer termasuk komentarnya terkait dengan kemasan yang kita buat he..he.

Keenam, ONLINE MARKETING

Seperti halnya buka toko offline, kalau sudah dibuka yah jangan ditunggui doang dengan berharap pembeli datang secara sukarela he..he. yah harus dibuat bagaimana marketingnya, bagaimana menarik pengunjung, bagaimana pengunjung yang datang trus beli, yang sudah beli mau beli lagi dan beli lagi.

Nah, bicara online marketing kayaknya agak panjangan dan gak mungkin dibahas pada postingan kali ini.  Intinya adalah bagimana Toko Online kita bisa menarik pengunjung sebanyak-banyaknya dan akhirnya mau membeli produk yang kita jual. Kalau pelayanan yang kita berikan bagus, maka akan membuat ketagihan customer kita untuk terus belanja lagi. Dan bukannya tidak mungkin, customer kita akan menjadi mitra pemasar gratis bagi toko online kita.

Sebagai permulaan, agar toko online kita dijubeli pengunjung maka yah di iklankan baik di forum iklan gratisan maupun yang berbayar. Yang berbayar bisa dengan Google adwords maupun Facebook Ads. Semoga di tulisan berikutnya bisa menyajikan tulisan lanjutan tentang “Bagaimana Cara Membuat Pengunjung Berdatangan ke Toko Online”.


Selamat Sukses & Berkah !

Facebook : Arif Prasetyo Aji | Twitter : @arifaji

Post a Comment